Flek Hitam Merubah Hidupku

Halo perkenalkan saya Ratna berumur 37 tahun adalah seorang ibu rumah tangga dan telah memiliki anak berumur 3 tahun. Perawatan seorang perempuan yang telah menikah dan memiliki anak pasti berbeda dengan perempuan yang belum menikah. Permasalahan dari seorang perempuan yang telah menikah dan memiliki anak adalah kurangnya waktu untuk perawatan diri sendiri dikarenakan kesibukan yang sangat padat menjadi seorang ibu juga seorang istri yang tidak memiliki waktu untuk melakukan perawatan untuk menjaga kecantikan diri sendiri. Salah satunya yaitu saya. Akibat dari kurangnya perawatan diri yang dilakukan, terdapat berbagai masalah di wajah saya. Dan yang paling utama yaitu FLEK HITAM. Flek hitam menjadi salah satu masalah kulit yang  sering dialami oleh perempuan termasuk saya.

Pernah mengalami flek hitam pada wajah? atau flek hitam yang tidak hilang sehingga bingung bagaimana mengatasinya? Sebelum mencari tahu bagaimana mengatasi flek hitam, lebih baik mengenal terlebih dahulu apa itu flek hitam. 

 

Flek hitam yang merupakan bintik-bintik yang berwarna lebih gelap dibandingkan daerah sekelilingnya. Flek hitam terjadi akibat penumpukan melanin pada kulit, biasanya cenderung muncul pada orang-orang yang mempunyai jenis kulit yang cerah. Area yang sering terdapat flek hitam yaitu pada area wajah. Hal itu sungguh mengganggu bukan?. Flek hitam dapat diakibatkan dengan berbagai faktor yaitu sering terpaparnya sinar matahari, faktor lingkungan seperti asap kendaraan, penerapan pola makan yang buruk, serta gaya hidup tidak sehat bahkan penggunaan skincare yang berlebihan atau berbahaya juga dapat menjadi penyebab flek hitam di wajah. Flek – flek ini biasanya tidak langsung muncul pada wajah, tetapi seiring dengan berjalannya usia, flek hitam akan muncul semakin jelas di wajah. Resiko lebih tinggi adalah untuk yang memiliki warna kulit agak terang. 

 

Munculnya flek hitam di bagian wajah tentunya akan membuat saya kehilangan rasa percaya diri. Walaupun tidak ada hubungannya dengan resiko kesehatan akan tetapi itu cukup mengganggu saya sebagai wanita. Saya menjadi tidak percaya diri pada saat harus tampil didepan umum bahkan untuk bertatap muka dengan lawan bicara saya secara lama. Pikiran negatif seperti wajah saya kurang indah untuk dipandang orang lain atau membuat orang disekitar saya merasa malu atau risih ketika berbicara atau memandang wajah saya bahkan kadang saya suka berpikir apakah suami saya juga malu ya dengan masalah kulit wajah saya ini. 

 

Awalnya saya cuek saja dengan kondisi wajah saya karena kesibukan yang selalu rutin saya lakukan jadi tidak ada waktu untuk memikirkan hal tersebut. Sampai suatu hari saya sadar akan penampilan saya pada saat mengikuti acara kantor suami saya. Saya merasa kurang percaya diri dengan penampilan saya pada saat itu. Saya melihat istri teman suami saya terlihat lebih muda dibandingkan saya, padahal umur kami yang sama. Setelah peristiwa tersebut saya bercermin dan melihat jika flek hitam saya yang menyebabkan penampilan saya terlihat lebih tua, mengganggu sekali. Akan tetapi sikap suami saya yang tidak pernah mengeluh apa-apa tentang penampilan saya, membuat saya berpikir bahwa mungkin hanya saya yang berlebihan saat itu dan pada akhirnya saya menganggap hal tersebut adalah masalah yang sepele dan tidak perlu dibesar-besarkan lagi. Saya cuek dan kembali melakukan aktivitas rutin saya sebagai seorang istri dan ibu tanpa melakukan perawatan untuk menghilangkan flek hitam saya. 

 

Sampai suatu saat, saya menyadari perubahan suami saya juga yaitu terlihat menjadi lebih cuek dan tidak perhatian lagi. Hal itu tentu membuat saya berpikiran negatif seperti suami akan berpaling kepada wanita yang lebih cantik dibanding saya. Pikiran-pikiran negatif tersebutlah yang membuat saya bertekad untuk memperbaiki penampilan saya terutama menghilangkan flek hitam saya ini. Oleh sebab itulah saya mencari berbagai cara untuk mulai menghilangkan flek hitam diwajah saya. Mulai dari searching di internet apa saja yang bisa menghilangkan flek hitam diwajah dan bagaimana solusi yang baik untuk menghilangkan flek hitam. Selain dari internet saya juga mencari informasi mengenai penghilang dari teman-teman bahkan kerabat saya. Pada akhirnya saya menemukan banyak sekali cara-cara yang dilakukan untuk menghilangkan flek hitam. Dari bahan-bahan alami hingga teknologi saat ini yang dapat menghilangkan flek hitam. 

 

Dimulai dari bahan-bahan alami yang saya pakai seperti menggunakan buah lemon. Buah lemon yang dipercaya dapat mengatasi flek hitam karena terdapat kandungan asam sitrat dan vitamin C yang dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam yang muncul. Cara penggunaan rutin lemon dengan menggunakan air perasan lemon tersebut untuk menghilangkan flek hitam. Selain menggunakan air perasan lemon saya juga mengkonsumsi vitamin E. Saya melihat di internet jika banyak yang mengatakan bahwa vitamin E dapat mengurangi munculnya masalah perubahan warna pada kulit, salah satunya yaitu flek hitam diwajah. Banyak produk skincare yang menggunakan kandungan vitamin E didalamnya. Saya rutin menggunakan lemon dan mengkonsumsi vitamin E tersebut. Akan tetapi setelah saya bertanya kepada teman- teman saya bahwa perawatan dengan menggunakan bahan alami tidak cukup untuk menghilangkan flek hitam dengan cepat. Jika menggunakan bahan alami tidak akan menimbulkan efek samping tetapi memerlukan proses yang lama. Oleh sebab itu saya memerlukan skincare juga yang dapat membantu proses menghilangkan flek hitam dengan cepat. 

Skincare yang saya gunakan tentunya harus terbuat dari bahan-bahan alami juga dikarenakan saya tidak ingin memiliki ketergantungan atau efek samping dari penggunaan skincare yang salah. Proses yang panjang untuk menemukan skincare yang tepat dan aman untuk kulit wajah saya. Akan tetapi saya tetap melakukan perawatan dengan bahan alami seperti menggunakan air perasan lemon dan mengkonsumsi vitamin E. 

 

Sebenarnya saya diberitahu oleh teman saya, bahwa dapat menggunakan teknologi yang ada saat ini seperti perawatan laser. Akan tetapi harganya yang MAHAL membuat saya mengurungkan niat untuk melakukan perawatan laser tersebut. Oleh karena itu saya memilih menggunakan skincare dan bahan-bahan alami saja untuk menghilangkan flek hitam diwajah saya. Selain lebih terjangkau dan tidak ada efek samping apapun jika melakukan perawatan wajah dengan bahan – bahan alami dan skincare yang aman. 

 

Selama seminggu saya melakukan perawatan rutin tersebut saya mengalami perubahan di wajah saya. Walaupun masih terlihat akan tetapi tidak separah dahulu sebelum melakukan perawatan wajah. Bintik-bintik hitam (flek hitam) mulai memudar bahkan ada yang sudah terlihat menghilang. Walaupun saya belum mendapatkan wajah glowing, semua butuh proses sepertinya. Tetapi saya sangat puas dengan hal itu terlihat dari perubahan yang terdapat pada wajah saya.  

Perubahan juga terjadi terhadap suami saya yang mulai perhatian dan sering memuji penampilan saya saat ini. Saya juga semakin merasa percaya diri untuk tampil didepan umum. Ternyata berkat flek hitam yang  terdapat diwajah saya, saya menjadi sadar akan pentingnya perawatan wajah untuk wanita walaupun dirinya telah menikah dan memiliki anak karena perawatan wajah saat ini merupakan investasi masa tua nanti.